PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (“ICBP”) merupakan salah satu produsen produk
konsumen bermerek yang mapan dan terkemuka, dengan kegiatan usaha utama antara
lain mie instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi
dan makanan khusus serta minuman. Guna mendukung kegiatan usaha utamanya, ICBP
juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang memproduksi baik kemasan fleksibel
maupun karton.
ICBP menawarkan berbagai pilihan produk
solusi sehari-hari bagi konsumen di segala usia dan segmen pasar, melalui lebih
dari 40 merek produk. Banyak di antara merek-merek tersebut merupakan merek
terkemuka dengan posisi pasar yang signifikan di Indonesia, serta memperoleh
kepercayaan dan loyalitas jutaan konsumen selama bertahun-tahun.
Dengan didukung oleh jaringan distribusi yang
ekstensif dari perusahaan induk, sebagian besar produk ICBP telah tersedia di seluruh nusantara, dan juga dapat
memenuhi permintaan pasar secara tepat waktu dan lebih efisien.
Kegiatan operasional yang dijalankan oleh lebih dari
50 pabrik yang tersebar di berbagai wilayah utama di Indonesia, membantu ICBP untuk berada lebih dekat dengan permintaan dan dapat
memastikan kesegaran produk-produk di pasar. Selain itu, produk-produk ICBP juga telah hadir di lebih dari 60 negara di dunia.
Sejarah PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk.
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
merupakan salah satu perusahaan mie instant dan makanan olahan terkemuka di
Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group.
Pada awalnya, PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk. adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan
minuman yang didirikan pada tahun 1971. Perusahaan ini mencanangkan suatu
komitmen untuk menghasilkan produk makanan bermutu, aman, dan halal untuk
dikonsumsi. Aspek kesegaran, higienis, kandungan gizi, rasa, praktis, aman, dan
halal untuk dikonsumsi senantiasa menjadi prioritas perusahaan ini untuk
menjamin mutu produk yang selalu prima. Akhir tahun 1980, PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. mulai bergerak di pasar Internasional dengan mengekspor mi
instan ke beberapa negara ASEAN, Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, China,
Belanda, Inggris, Jerman, Australia, dan negara-negara di Afrika.
Pada tahun 1994, terjadi penggabungan
beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup Indofood Group, sehingga
mengubah namanya menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang khusus
bergerak dalam bidang pengolahan mie instan. Divisi mie instan merupakan divisi
terbesar di
Indofood dan pabriknya tersebar di 15
kota, diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak,
Manado, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung
dan Jambi, sedangkan cabang tanpa pabrik yaitu Solo, Bali dan Kendari. Hal ini
bertujuan agar produk yang dihasilkan cukup didistribusikan ke wilayah sekitar
kota dimana pabrik berada, sehingga produk dapat diterima oleh konsumen dalam
keadaan segar serta membantu program pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja
lokal.
Produk yang dihasilkan ke lima belas pabrik tersebut
telah terstandarisasi secara menyeluruh, diantaranya bahan baku, parameter
proses, mesin/peralatan, manpower (tenaga kerja), dan barang jadi.
Standarisasi yang berlaku di semua pabrik tersebut telah disertifikasi oleh SGS
melalui sertifikasi International Standard Operation (ISO) termasuk PT
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Selain itu PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
juga memiliki Sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP)
dan Sertifikat halal yang berlaku untuk semua produk internasional. Pada 21
Maret 1998 PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. memperoleh sertifikat manajemen
mutu ISO versi 9001 yang diserahkan di Jakarta pada 3 Maret 1999. Kemudian pada
5 Februari 2004 PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. diperoleh sertifikasi ISO
9001:2000 (ISO 9001 versi 2000) dari badan akreditasi SGS International of
Indonesia. Hal ini ditunjukan melalui slogan yang terdapat pada logo
Indofood “The Symbol of Quality Foods” atau “Lambang Makanan Bermutu”
yang mengandung konsekuensi hanya produk bermutulah yang dihasilkan. Produk
bermutu tidak hanya dibuat dari bahan baku pilihan, tetapi diproses secara
higienis dan memenuhi unsur kandungan gizi dan halal.
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
memiliki orientasi pasar, dimana produksi yang dilakukan oleh perusahaan
disesuaikan dengan permintaan
pasar. Perusahaan selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam
kuantitas maupun kualitas produk. Oleh karena itu, perusahaan selalu
mengembangkan inovasi guna memenuhi kepuasan pelanggan, khususnya selera
konsumen.
Produk yang dihasilkan PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. divisi mie
instan terdiri dari 2 kelompok besar yaitu :
1.
Bag Noodle, yaitu
mie instan dalam kemasan bungkus; dan
2. Mie telor, yaitu mi
yang dalam proses pembuatannya tidak digoreng melainkan dikeringkan.
Karakteristik perusahaan dalam melakukan
kegiatan produksi yang dimiliki PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yakni
bersifat mass production, yaitu jenis barang yang diproduksi relatif
sedikit tetapi dengan volume produksi yang besar, permintaan produk tetap/stabil
demikian juga desain produk jarang sekali berubah bentuk dalam jangka waktu
pendek atau menengah.
Disamping produksi PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. pun turut memperhatikan pemasaran produk sehingga
memungkinkan perusahaan untuk semakin berkembang. Berbagai cara kegiatan
promosi dilakukan, seperti advertising (periklanan) baik itu di media
cetak maupun media elektronik dan papan-papan reklame. Sedangkan kegiatan sales
promotion meliputi pembagian hadiah baik secara langsung maupun tidak
langsung melalui undian-undian berhadiah.
Kultur perusahaan ini dikenal dengan
nama “CONSISTENT” (Consumer, Innovation, Staff, Excellence, and Team
Work). Sumber kekuatan dalam menghadapi tantangan ini bisa dilihat dari
sisi konsumen, inovasi, karyawan, keunggulan produk dan kerjasama tim. Maksud
dari akronim “CONSISTENT” adalah keberhasilan perusahaan tergantung
kepada kepuasan pelanggan, inovasi merupakan kunci pertumbuhan di masa depan,
staff yang handal merupakan aset terbesar perusahaan, kesempurnaan adalah pandangan
hidup perusahaan, dan kerjasama tim menjadikan perusahaan ini sebagai pemenang.
Visi dan Misi PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk.
PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk divisi Noodle Cabang
Cibitung ini sendiri memiliki visi dan misi sebagai berikut :
Visi :
“Menjadi
perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu,
berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi :
“Menjadi
perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri
makanan”.
PT Indofood CBP Sukses Makmur
Tbk. Divisi Noodles
Pada pembuatan makalah ini, penulis melakukan penelitian di perusahaan
yang bergerak dalam bidang industri makanan yaitu PT Indofood CBP Sukses Makmur
Tbk Divisi Food Seasoning Cibitung, yang terletak di jalan Kampung Jarakosta,
Desa Sukadanau RT 05/RW 02 Cikarang Barat, Bekasi.
Perusahaan yang berdiri pada 17 Desember 1992 di
Cibitung ini diberi nama PT Indosentra Pelangi. Pada awal tahun 2010 perusahaan ini mengganti
namanya menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Slogan yang terdapat pada logo Indofood yang berbunyi
“the symbol of quality food” atau “lambang makanan bermutu” mengandung
konsekuensi hanya produk bermutulah yang dihasilkan. PT Indofood CBP Sukses Makmur
Tbk merupakan perusahaan pengolah makanan utama di Indonesia yang hampir
seluruh produknya menguasai pangsa pasar khususnya pasar domestik.
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Cibitung
merupakan pusat perusahaan yang bergerak dibidang food seasoning dan mempunyai
cabang perusahaan yang berada di Semarang.
PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk divisi noodle cabang
Cibitung ini memproduksi lima merek mi instan yang berbeda dengan varian rasa
yaitu :
1.
Indomie
a. Indomie goreng
b. Indomie rebus
1)
Rasa ayam bawang
2)
Rasa ayam spesial
3)
Rasa soto
4)
Rasa kari ayam
dan masih banyak lainnya.
c. Indomie rasa nusantara
1)
mi kocok Bandung
2)
mi goreng rasa
rendang pedas Medan
3)
mi goreng Cakalang
4)
soto Banjar Limau
Kuit
5)
rasa sate ayam
dan lain - lain.
d. Indomie jumbo
e. Indomie Vegan
f. Indomie Premium
1)
rasa ayam panggang
2)
rasa cabe rawit
3)
rasa laksa
4)
rasa kornet
dan masih banyak
2.
Supermi
a.
rasa ayam bawang
b.
rasa ayam bawang
super
dan lain-lain
3.
Sarimi
a.
rasa ayam bawang
b.
rasa bakso sapi
c.
rasa soto koya
d.
rasa sarimi besar
goreng
dan lain-lain.
4.
Sakura
a.
rasa ayam spesial
b.
rasa kuah rasa soto
ayam
dan lain-lain.
5.
Nikimiku
a.
rasa ayam bawang
b.
rasa bakso
6.
Pop Mie
a.
Pop Mie goreng
spesial
b.
Pop Mie mi goreng
pedas
c.
rasa ayam spesial
d.
rasa ayam bawang
spesial
e.
rasa baso spesial
f.
rasa ayam
g.
rasa baso
h.
rasa soto ayam
i.
rasa kari ayam
j.
rasa ayam bawang
k.
rasa baso sapi
l.
rasa soto mie
Dari semua merek mie yang di produksi PT. Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. divisi Noodle Cabang Cibitung tersebut pada dasarnya sama
saja, yang membedakan hanyalah jenis bahan baku tepung terigu yang digunakan,
serta perbedaan dari bahan tambahan yang diberikan seperti vitamin, bentuk
fisik dari mie tersebut apakah mie biasa atau mie keriting, ukuran mie, bentuk
mie, apakah normal atau dalam bentuk cup noodle, dan perbedaan selanjutnya
terdapat pada harga mie itu sendiri.
Lokasi dan
Tata Letak Perusahaan
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Divisi Food
Seasoning Cibitung ini beralamat di Kampung Jarakosta, Desa Sukadanau RT 05/RW
02 Cikarang Barat, Bekasi 17520. Dengan
batas-batas wilayah sebagai berikut :
Utara : berbatasan dengan pemukiman penduduk.
Selatan : berbatasan dengan Pabrik PT.Indofood CBP Sukses Makmur tbk Divisi Noodle
Timur : berbatasan dengan Pabrik PT.Indofood CBP Sukses Makmur tbk Divisi Noodle dan Jalan Raya dari
Kampung Jarakosta
Barat : berbatasan dengan pemukiman penduduk dan sawah.
Berbagai fasilitas industrial yang ada adalah
Kantin, Poliklinik, Koperasi, Mushola dan Tempat olahraga.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi merupakan gambaran fungsi dan
tanggung jawab tugas dan kewajiban serta kekuasaan yang ada pada perusahaan agar
personil mudah dalam melaksanakan aktifitasnya untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya.
Bentuk struktur organisasi yang
digunakan di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah struktur organisasi garis
dan staf. Dalam organisasi ini terdapat dua kelompok orang-orang yang
berpengaruh dalam menjalani organisasi, yaitu:
1. Orang
yang melaksanakan tugas pokok organisasi
dalam rangka pencapaian tujuan, yang digambarkan dengan garis, dimana bawahan
hanya mengenal satu atasan sebagai sumber kewenangan yang memberikan komando
dan hubungan antara atasan dan bawahan bersifat langsung melalui garis wewenang
2. Orang
yang melaksanakan tugasnya berdasarkan keahlian yang dimiliknya, orang ini
berfungsi untuk memberikan saran-saran kepada unit operasional, karyawan ini di
sebut staf.
Kedudukan tertinggi di PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk. seorang Manajer Umum (General Manager) dan dalam melaksanakan
tugasnya dibantu oleh Sekertaris Manajer, Manajer Umum ini membawahi:
1.
Manajer Pabrik (Factory
Manager)
Manajer Pabrik (Factory Manager)
membawahi:
a.
Supervisor Produksi (Production
Supervisor)
b.
Manajer Teknik (Technical
Manager)
c.
Manajer Gudang (Warehouse
Manager)
d.
Supervisor PPIC (Production
Planning and Inventory Control).
2.
PDQCM (Process
Development and Quality Control
Manager)
Manajer Pengembangan dan Pengawasan Mutu
Produk (Branch Process Development and Quality Control Manager)
membawahi:
a.
Supervisor Pengawasan
Mutu Proses (Quality Control Process Supervisor)
b.
Supervisor Pengawasan
Mutu Bahan Baku/ Produk Jadi (Quality Control Raw Material/ Finished Gd
Supervisor).
3.
Manajer Keuangan (Finance
and Accounting Manager)
Manajer Keuangan (Finance and
Accounting Manager) membawahi:
a.
Supervisor Keuangan (Finance
Supervisor)
b.
Supervisor Pengontrol
Pembiayaan (Cots Control Supervisor)
c.
Supervisor Akunting (Accounting
Supervisor).
4.
Manajer Pemasaran (Area
Sales and Promotion Manager)
Manajer Pemasaran (Area Sales
Promotion Manager) terbagi kedalam 2 wilayah yang membawahi ASPS (Area
Sales Promotion Supervisor).
5.
Manajer Personalia (Branch
Personnel Manager)
Manajer Personalia (Branch Personnel
Manager) membawahi:
a.
Supervisor Hubungan
Industri (Industrial Relations Supervisor)
b.
Supervisor Administrasi
dan Gaji (Administration and Wages Supervisor)
c.
Supervisor Jasa dan
Layanan Umum (General Affair and Service Supervisor)
d.
Supervisor Keamanan (Security
Supervisor)
e.
Supervisor Hubungan
Publik (Pubic Relations Supervisor).
6.
Purchasing Officer.
Gambar 2.1
Struktur Organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Divisi Noodles cabang
Cibitung
Deskripsi dari setiap organisasi
Pembagian tugas dan tanggung jawab dari masing-masing
bagian dalam struktur organisasi sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai berikut:
1.
General Manager
(GM)
Manejer utama mempunyai wewenang tertinggi perusahaan
yang bertanggung jawab atas berlangsungnya segala kegiatan perusahaan meliputi
memimpin, mengatur, membimbing dan mengarahkan organisasi
perusahaan, dimana kegiatan tersebut untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam
menghasilkan produk-produk berkualitas dengan jaminan sistem mutu yang selalu
terjaga dan dilaksanakan secara konsisten.
2.
GM Secretary
Sekretaris
perusahaan berfungsi sebagai penghubung antara perseroan dengan institusi pasar
modal, para pemegang saham, dan masyarakat. Sekretaris bertanggung jawab untuk
memonitor kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan pasar modal.
3.
Manajer Pabrik (Factory
Manager)
Manajer pabrik bertugas dan bertanggung jawab dalam
mengatur dan mengawasi kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan mengambil
tindakan untuk kelancaran jalannya proses produksi. Selain itu manajer pabrik
memiliki tugas dan tanggung jawab:
1)Merencanakan, mengkoordinasi,
mengarahkan dan mengendalikan kegiatan manufacturing yang
meliputi PPIC, produksi, teknik purchasing dan gudang untuk memperlancar proses
pencapaian sasaran perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
2) meningkatkan usaha dalam bidang
peningkatan mutu produk, produktifitas kerja dan pengendalian biaya operasional
secara kontinu.
3) Mengatur dan mengendalikan
proses manufacturing sesuai dengan standar yang
ditentukan.
a.
Supervisor Produksi (Production
Supervisor)
Supervisor produksi bertugas menyempurnakan
organisasi, prosedur dan sistem kerja guna pencapaian dalam semua aspek.
Menyediakan kebutuhan sarana dan fasilitas kerja sesuai dengan persyaratan.
b.
Manajer Teknik (Technical
Manager)
Bertugas merencanakan, mengkoordinasi dan mengendalikan
kegiatan teknik sehingga dapat menjamin kelancaran operasional mesin produksi
dan sarana penunjang. Membuat perencanaan kerja yang diselaraskan dengan tujuan
manajemen khususnya dalam kegiatan yang menyangkut teknik. Menjaga pelaksanaan
perawatan dan perbaikan mesin
c.
Manajer Gudang (Warehouse
Manager)
Manajer gudang bertugas merencanakan dan mengendalikan
kegiatan pergudangan, sehingga tercapai tujuan utamanya, diantaranya keamanan,
keakuransian jumlah dan kebutuhan barang yang dikelola, dengan
melaksanakan sistem dan prosedur yang telah ditetapkan manajemen. Menerapkan
prosedur kerja, termasuk syarat-syarat, keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
untuk menjaga dan memelihara semua aset perusahaan berupa aset tetap atau aset
tidak tetap. Menjaga kelancaran dan pelaksanaan semua kegiatan arus transaksi
barang melalui penentuan tata letak gudang serta penunjang tenaga pelaksana,
agar tercapai pemanfaatan fasilitas dan optimalisasi tenaga kerja.
d.
Supervisor PPIC (Production
Planning and Inventory Control).
Supervisor ini bertugas merencanakan jadwal produksi
dan mengendalikan pengadaan bahan baku Raw Material (RM) dan barang
jadi Finish Good (FG). Merencanakan kedatangan RM untuk menunjang
kelancaran proses produksi sesuai jadwal yang telah dibuat. Membuat jadwal
produksi berdasarkan Confirmed Weekly Order (CWO)
yang diterima. Memantau tingkat persediaan dari gudang RM maupun FG sehingga
standard dan persediaan penyangga tetap terjaga
4.
PDQCM (Process
Development and Quality Control
Manager)
Manajer PDQC bertugas dan bertanggung jawab dalam
memeriksa bahan baku, bahan tambahan, produk jadi, dan bahan pengemas.
Mengawasi analisa kualitas produksi, bertanggung jawab atas kelengkapan
laboratorium untuk analisa dan pengembangan produk. Selain itu PDQCM bertugas dan bertanggung jawab:
1) Mengendalikan semua kegiatan
departemen PDQCM dalam aspek
proses pengendalian mutu untuk menjamin kelangsungan aktifitas perusahaan
2) Bertanggung jawab terhadap
pelaksanaan GLP dan Kalibrasi di laboratorium serta GNP dan HACCP diproses
produksi
3) Mengendalikan semua kegiatan
pengendalian mutu pada proses awal pengawasan mutu dan hasil pengawasan serta
pengembangan produk.
4) Mengatur dan merencanakan kerja,
kebutuhan kerja tenaga kerja, alat bantu dan fasilitas kerja selama masih dalam
batas-batas standar baku yang diselaraskan dengan rencana manajemen
5)
Menilai/mengevaluasi kerja staff
departemen PDQCM
a.
Supervisor Pengawasan
Mutu Proses (Quality Control Process Supervisor)
Supervisor pengawasan mutu proses bertugas membantu PDQCM dalam hal sistem pengendalian mutu proses produksi.
Memantau & mengendalikan kualitas proses produksi dan produk jadi, sesuai
standar mutu yang ditetapkan. Memantau pekerjaan QC Process Spv & bagian administrasi. Melakuaka
perbaikan mutu dan cost peralatan
untuk kebutuhan analisis
b.
Supervisor Pengawasan
Mutu Bahan Baku/ Produk Jadi (Quality Control Raw Material / Finished Gd
Supervisor).
Supervisor pengawasan mutu bahan baku/produk jadi
bertugas membantu PDQCM dalam hal
pengendalian mutu RM & FG serta pengembangan proses produksi. Melakukan
pengawasan secara langsung terhadap proses Incoming Quality Control (IQC), Outgoing Quality Control (OQC) yang meliputi
koordinasi QC Field RM & FG serta
pelaksanaan penerbitan hasil analisa IQC dan OQC sehingga aktivitas kerja bisa
berjalan lancar. Melakukan koordinasi tugas IQ RM & FG, OQC RM & FG
serta mengembangkan proses. Menjaga kelancaran tugas penerimaan RM/FG dan OQC
RM/FG. Mengawasi pelaksaan GMP HACCP dan SOP pada pergudangan. Mewakili PDQCM jika tidak ada. Memantau, mengevaluasi standar mutu
yang telah ditetapkan.
5.
Manajer Keuangan (Finance
and Accounting Manager)
Manajer keuangan bertugas dan bertanggung jawab
merencanakan, menyiapkan budget dan planning (AOP) untuk menentukan tujuan yang harus
dicapai. Memonitor kegiatan operasional dalam hal aspek financial supaya sejalan dengan AOP.
Menandatangani bank instrument (Cek, transfer
bank) sesuai dengan batasan yang ditetapkan perusahaan. Verifikasi setiaap
pengeluaran biaya ataupun pembelian aset dan penggunaan dana lainnya sesuai
dengan batasan yang ditetapkan oleh perusahaan. Menetapkan pelasanaan sistem
dan prosedur yang berkaitan dengan keuangan.
a.
Supervisor Keuangan (Finance
Supervisor)
Supervisor keuangan bertugas membantu
FAM dalam menjalankan fungsi treasury & Controllership.
b.
Supervisor Pengontrol
Pembiayaan (Cots Control Supervisor)
Supervisor pengontrol pembiayaan
bertugas memonitor project cost. Biasanya cost control tidak
menyusun budget karena budget sudah ditentukan di awal sebelum project
dimulai. Budget sudah disiapkan oleh perusahaan, dan tugas cost
controler adalah memonitor penggunaannya.
c.
Supervisor Akunting (Accounting
Supervisor).
Supervisor akunting bertugas melaksanakan
tugas verifikasi dan kontrol untuk setiap pengeluaran. Mengkoordinir setiap
kegiatan pencatatan transaksi paerusahaan secara up to date.
Melaksanakan pembayaran pajak dan laporan pajak sesuai ketentuan pemerintah.
6.
Manajer Pemasaran (Area
Sales and Promotion Manager)
Manajer pemasaran (Area Sales Promotion Manager) memiliki
tugas dan tanggung jawab dalam mengkoordinir distribusi produk ke daerah
pemasaran, melakukan tugas penjualan dan permintaan produk, menyiapkan rencana
penjualan dan permintaan produk, merencanakan dan membuat rancangan promosi,
serta membuat rencana penjualan dan permintaan produk.
Manajer Pemasaran terbagi kedalam 2
wilayah yang membawahi ASPS (Area Sales Promotion Supervisor). ASPS memiliki tugas dan
tanggung jawab sebagai berikut:
1)
Time Territorial
Management (TTM) yaitu ASPS dapat mengelola area
yang meliputi tanggung jawabnya sesuai wilayah, mengetahui berapa besar pasar
yang ada dan menganalisa pasar potensial, mengetahui data mengenai jumlah
populasi penduduk, pendapatan perkapita seperti berapa kecamatan di area
tersebut, dll. serta mengelola sales person yang mencakup area tersebut.
2) Merchandising yaitu
ASPS bertanggung jawab untuk brand building seperti menganalisa daerah-daerah
tertentu apakah harus dipasang atau mengganti billboard, papan vinyl,
spanduk, dll. yang bergambar produk Indofood. ASPS juga melakukan pemeriksaan
produk-produk yang ada di toko-toko dan menarik produk yang kadaluarsa.
3) Promotion,
yaitu kegiatan yang meliputi Trade Promo (melakukan promosi ke toko-toko
dengan memberikan potongan harga), Consumer Promo (melakukan demo
icip-icip, jualan produk perpaket, heboh desa), dan Sponsorship (menjadi
sponsor dalam acara atau event-event tertentu).
4)
Goodwill yaitu
ASPS harus menjalin hubungan baik dengan distributor, toko-toko dan juga rekan
bisnis.
7.
Manajer Personalia (Branch
Personnel Manager)
Manajer personalia memiliki fungsi merencanakan,
mengkoordinir, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan
kepersonaliaan yang meliputi hubungan industrial, administrasi kepegawaian,
keamanan, kehumasan, dan pelayanan umum untuk mendukung proses pencapain tujuan
perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu manajer
personalia memiliki tugas dan tanggung jawab menciptakan hubungan industrial
yang harmonis untuk mencapai ketenangan industrial (ketenangan kerja dan
ketenangan usaha) dilingkungan perusahaan. Menyelenggarakan syarat-syarat dan
kondisi kerja dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban karyawan dan
administrasi kepegawaian secara tepat sebagai syarat untuk meningktkan
produktifitas kerja yang optimal. Memberikan dukungan dan pelayanan kepada
seluruh pihak agar dapat mencapai standar kerja secara optimal. Membuat analisa
pengembangan organisasi secara berkala dan secara aktif ikut mendukung
kegiatan-kegiatan pengembangan mutu/Total Quality Management (TQM).
Turut serta melaksanakan program HACCP (Hazard Analysis Critical
Control Point).
a.
Supervisor Hubungan
Industri (Industrial Relations Supervisor)
Supervisor ini
bertugas membantu atasan dalam perencanaan, mengkoordinir dan melaksanakan
kegiatan hubungan industrial untuk mencapai tingkat ketenangan industrial yang
optimal.
b.
Supervisor Administrasi
dan Gaji (Administration and Wages Supervisor)
Supervisor ini
bertugas membantu atasan dalam perencanaan, mengkoordinasi, dan melaksanakan
kegiatan administrasi kepegawaian dan pengupahan/jaminan sosial sesuai dengan
ketentuan yang berlaku.
c.
Supervisor Jasa dan
Layanan Umum (General Affair and Service Supervisor)
Supervisor ini
bertugas membantu atasan dalam perencanaan, pengkoordinasian dan pelaksanaan
kegiatan pelayanan umum, pelayanan khusus dan perijinan perusahaan sesuai
ketentuan.
d.
Supervisor Keamanan (Security
Supervisor)
Supervisor ini
bertugas membantu atasan dalam perencanaan, mengkoordinasi dan melaksanakan
kegiatan pengamanan, penertiban pabrik, lingkungan agar mencapai tingkat
ketenangan yang optimal.
e.
Supervisor Hubungan
Publik (Pubic Relations Supervisor)
Supervisor
ini bertugas dalam menumbuhkan dan
mengembangkan hubungan baik antara perusahaan dengan publiknya. Hubungan baik
dengan public ini ditujukan dalam rangka menanamkan pengertian,
menumbuhkan motivasi dan mendorong public untuk berpartisipasi dalam
menciptakan iklim pendapat atau opini yang menguntungkan perusahaan.
8.
Purchasing Officer
Purchasing memiliki tugas dan wewenang dalam menetapkan
dan memelihara prosedur pembelian untuk mengendalikan aktifitas pembelian,
mengesahkan dokumen pembelian sebelum dokumen dikirim ke pemasok dan memilih
serta mengevaluasi pemasok yang telah ditetapkan.
Perkiraan Gaji
Tentunya setiap perusahaan memiliki standar gaji
yang berbeda, termasuk PT. Indofood. Selain itu, dari setiap deksripsi
pekerjaan tentunya juga mempengaruhi gaji yang berbeda. Dari sumber lain yang
penulis dapat, rata-rata kisaran gaji di PT. Indofood setiap bulannya adalah
4-5 juta tertanggal 28 september 2009.
1DAFTAR PUSTAKA
http://indofoodcbp.com/ diakses
pada 21 April 2017
https://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/09/25/ruang-lingkup-manajemen-produksi-pt-indofood-sukses-makmur-tbk/ diakses
pada 21 April 2017
http://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/62151/11/Lampiran.pdf diakses
pada 21 April 2017
http://repository.unika.ac.id/1183/1/10.70.0044-KPMargareta%20Mellisa%20
Tjahjana.pdf diakses pada 21 April 2017
http://eprints.uns.ac.id/6662/1/103692909200910181.pdf diakses
pada 21 April 2017
http://adhityadp13.blogspot.co.id/2014/11/bisnis-3.html diakses
pada 21 April 2017
http://ikhsanrifaldi.blogspot.co.id/2013/11/organisasi-pada-perseroan-terbatas-pt.html diakses
pada 21 April 2017
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/552/jbptunikompp-gdl-ilonaannis-27561-1-unikom_i-i.pdf diakses
pada 21 April 2017
http://adielits.blogspot.co.id/2009/09/standar-gaji-indonesia.html
diakses pada 25 Oktober 2017
Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id