Langsung ke konten utama

Review Film "The Adventures of Prince Achmed (1926)"


The Adventures of Prince Achmed (1926)
Sutradara: Lotte Reiniger





       I.            Sejarah
Film The Adventures of Prince Achmed bukanlah sebuah film animasi biasa. Film ini memiliki catatan sejarah penting. Apa lagi kalau bukan merupakan film animasi full-length pertama yang pernah dibuat. Reiniger terinspirasi pada permainan boneka siluet dari Cina ketika menciptakan karya animasi yang terus diingat bahkan hingga hampir satu abad setelahnya ini. Film animasi ini adalah film produksi Jerman karya sutradara Lotte Reiniger. Film yang pertama kali dirilis pada tahun 1926. Cerita dalam film ini berbasis dari The Arabian Nights a.k.a. Cerita 1001 Malam.
    II.            Cara Pembuatan
Lotte Reiniger menggunakan figur fotografi siluet dalam stop-motion dengan menggunakan latar voluptuous. apa itu latar voluptuous? Maaf saya juga kurang tahu.

 III.            Pemeran :
1)      Der Afrikanische Zauberer 
2)      Dinarsade
3)      Prince Achmed 
4)      Peri Banu
5)      Aladin
6)      Die Hexe

 IV.            Cerita/Plot :
Seorang Penyihir Afrika/der afrikanische Zauberer  memunculkan kuda terbang dengan sihirnya. Penyihir ini ingin menunjukkan kuda terbangnya kepada raja dengan maksud atau tujuan tertentu.
Ketika penyihir tiba di istana dengan membawa kuda terbang yang telah iya munculkan, raja pun tertarik dan ingin membelinya dengan berberapa jumlah emas dan berberapa harta kerajaan, namun penyihir itu menolak untuk menukarnya dengan sejumlah emas dan menawarkan setiap harta yang raja miliki. Pesulap memilih Dinarsade , putri raja.
Raja dan Pangeran Achmed pun tidak setuju dengan keinginan penyihir, tapi penyihir membujuk Pangeran Achmed untuk mencoba kuda terbangnya. Pangeran pun menerima tawaran penyihir namun pangeran tidak tahu cara mengendarai kuda tersebut, kuda ini pun membawa sang pangeran terbang tinggi dan semakin tinggi ke langit. Setelah pangeran achmed mencari-cari bagaimana mengendarai kuda tersebut akhirnya ia mengetahui dan menemukan sebuah tempat yang asing.
Dia disambut oleh perkumpulan wanita yang menarik. Namun wanita-wanita itu berkelahi satu sama lain untuk mendapatkan perhatian dari pangeran achmed, pangeran yang merasa risih pun meninggalkan mereka semua. Semetara itu karena tindakan penyihir yang sudah membohongi pangeran achmed, ia pun di penjarakan oleh Raja.
Pangeran menemukan sebuah danau dan di danau tersebut pangeran melihat Peri Banu bersama selir-selirnya , bersiap-siap untuk mandi . Di sana, pangeran menonton Peri Banu memandi. Ketika Peri Banu melihat pangeran achmed di balik semak-semak, mereka semua melarikan diri(terbang dengan kostum burung), kecuali Peri Banu, ia tak bisa melarikan diri karena kostum burungnya di sembunyikan oleh pangeran achmed. Peri Banu pun melarikan diri dengan berjalan kaki , tapi ia tertangkap dan tiba-tiba pingsan karena katakutan.
Setelah sadar pangeran achmed pun memberika kostum burungnya untuk mendapatkan kepercayaan dari Peri Banu kalo dia bukan orang jahat. Sepertinya Mereka pun jatuh cinta . Peri Banu memperingatkan pangeran achmed, bagaimanapun setan-setan dari Wak Wak akan mencoba untuk membunuhnya, karena telah melarikan diri dari Wak Wak.
Sementara itu, penyihir Der Zaubere dapat membebaskan diri dari rantai nya . Mengubah dirinya menjadi kelelawar , ia berusaha untuk mencari pangeran achmed, dan setelah menemukannya ( kembali dalam bentuk manusia ) dan pangeran achmed di jatuhkan ke dalam lobang. Sementara pangeran Achmed berkelahi dengan ular raksasa yang berada di dalam lubang, penyihir mengambil Peri Banu dan membawanya ke China untuk dijual kepada Kaisar China.
Setelah kembali, penyihir  menemukan pangeran Achmed yang sedang galau karena hilangnya Peri Banu, dibawalah pangeran achmed oleh penyihir ke dalam lubang lahar di atas gunung . Namun, sang Penyihir penghuni gunung ( die Hexe ) dari dalam Gunung membawa pangeran achmed ke tempatnya.
Dan setelah perdebatan panjang antara Die Hexe dan Pangeran Achmed, Die Hexe pun ingin membantu Achmed penyelamatan Peri Banu dan memberi tahu pangeran bahwa peri Banu di jual ke Kaisar China.
Setelah berhasil menyelamatkan peri banu, setan-setan dari Wak Wak pun muncul, dan berhasil menculik Peri Banu dan membawanya ke gerbang dalam gunung. Namun Achmed dapat menawan satu setan Wak-Wak dan memaksa setan itu untuk membawanya mengikuti Peri Banu. Namun, gerbang Wak Wak terkunci. Dan pangeran achmed di jatuhkan di bawah kaki gunung.
Di saat pangeran merenung, pangeran melihat seorang pemuda sedang di serang dengan moster aneh, dan pangeran menyelamatkan pemuda tersebut yang bernama Aladin.
Setelah diselamatkan Aladdin pun mulai bercerita tentang bagaimana ia, seorang penjahit miskin, direkrut oleh pesulap untuk mengambil lampu ajaib dari gua . Ketika Aladdin kembali ke pintu masuk gua , penyihir menuntut lampu sebelum membiarkan dia keluar . Aladdin menolak , sehingga penyihir menyegel pintu masuk gua. Aladdin yang tak kehilangan akal pun meminta pertolongan kepada salah satu jin lampu dan memerintahkan untuk membawanya pulang an meminta untuk di buatkan istana yang megah.
Kemudian karena kekayaannya, Aladin dirayu oleh Raja dan menikah dengan Dinarsade . Suatu malam di dalam istana, lampu menghilang karena permintaan Aladin yang sudah dikabulkan. Aladin pun menyesal. Raja yang mengetahuinya pun memerintahkan anak buahnya untuk menangkap aladin karena di anggap telah mempermaikannya, Aladdin melarikan diri dengan sebuah perahu untuk untuk menghindari dieksekusi. Badai di laut melemparkan dia ke darat di Wak Wak.
Sesampainya ia di Wak-Wak. Ketika ia mencoba untuk memetik buah dari sebuah pohon, pohon itu berubah menjadi rakasa dan menangkapnya , tapi Pangeran Achmed menolong da membunuhnya moster tersebut .
Lalu die hexr tiba dan memberitahu pangeran achmed bahwa hanya lampu ajaib itu dapat membuka gerbang dan mengalahkan setan-setan dari Wak-wak. Lampu ajaib kembali apabila berhasil mengalahkan penyihir Der Zauberer, dan Die Hexe setuju untuk menyerang penyihir untuk mendapatkannya.
Die Hexe memanggil Der Zauberer dengan sebuah tarian magic. Dan Der Zauberer pun muncul pada akhirnya, mereka terlibat dalam duel ajaib , setiap transformasi menjadi berbagai makhluk . Setelah beberapa saat , mereka melanjutkan dalam bentuk manusia dan kekuatan bola api dari penyihir-penyihir tersebut pun saling beradu. Dan akhirnya , si Die Hexe memenanginya.
Dengan lampu , mereka bisa masuk ke Wak Wak , tepat pada waktunya untuk menyelamatkan Peri Banu dari yang dilempar ke kematiannya. Sebuah pertempuran sengit meletus . Iblis mencuri lampu yang di pegang oleh aladin, tapi penyihir mendapatkan kembali . Dia memanggil makhluk seperti makhluk kecil bercahaya dari lampu yang mengalahkan setan. Pertempuran Pangeran Achmed dengan moster berkepala banyak pun sangat sengit. Pangeran memotong salah satu kepala monster tersebut, namu kepala monster tersebut tumbuh kembali menjadi dua, tapi Die Hexe berhasi menghentikan regenerasi ini dengan menggunakan lampu ajaib, dan memungkinkan Achmed untuk membunuhnya .
Setelah peperangan tersebut, sebuah istana terbang kemudian mengendap ke tanah . Di dalam, Aladdin menemukan Dinarsade . Kedua pasangan tawaran selamat tinggal pada penyihir Die Hexe dan terbang pulang ke istana dengan istana terbang.
Sesampainya di istana, Raja yang mengetahui anak-anaknya masih hidup merasa sangat senang, segera menjodohkan kedua pasangan tersebut.

    V.            Pendapat Pribadi
  • Teknis : mungkin karena film jadul jadi kurang berwarna dan backsound yang membuat ngantuk membuat penonton merasa bosan di banding film-film animasi sekarang, jalan ceritanya dalam berberapa bagian di film yang membingungkan. Persamaan karakter aladin dengan pangeran achmed membuat diri saya sendiri lumayan bingungSerta film animasi yang menggunakan pantonim atau tanpa percakapan, tanpa adanya espresi wajah, dan gerakan yang telalu berlebihan patahnya
  • Non-Teknis : mungkin karena pembuatan yang masih jadul, membuat cahaya background itu ga stabil, kadang terang kadang gelap, membuat penonton mesara sedikit pusing.
  • Gerakan : masih kelihatan patahnya, membuat penonton harus memikir arti dari gerakan tersebut. Dan hal apa yang ingin di sampaikan oleh sutradara.
  • Lain-lain : Namun menurut saya, yang membuat film ini luar biasa bukanlah ceritanya. Seperti kita baca di atas, garis besar ceritanya bisa dibilang linear, atau standar film petualangan kartun. Yang luar biasa dari film ini adalah bagaimana teknik yang digunakan sebagai animasi. Reiniger bisa membuat siluet terlihat bagus. Rendering bayangan bantuk badan orang dan lanskap terlihat hidup dan kompleks. Ini adalah film yang cocok dinikmati oleh anak-anak, remaja, maupun dewasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Cibitung

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk . (“ICBP”) merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek yang mapan dan terkemuka, dengan kegiatan usaha utama antara lain mi e instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus serta minuman. Guna mendukung kegiatan usaha utamanya, ICBP juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang memproduksi baik kemasan fleksibel maupun karton. ICBP menawarkan berbagai pilihan produk solusi sehari-hari bagi konsumen di segala usia dan segmen pasar, melalui lebih dari 40 merek produk. Banyak di antara merek-merek tersebut merupakan merek terkemuka dengan posisi pasar yang signifikan di Indonesia, serta memperoleh kepercayaan dan loyalitas jutaan konsumen selama bertahun-tahun. Dengan didukung oleh jaringan distribusi yang ekstensif dari perusahaan induk, sebagian besar produk ICBP telah tersedia di seluruh nusantara, dan juga dapat memenuhi permintaan pasar secara tepat waktu dan lebih efisien. Kegiatan operasional yang

Peran, Fungsi, dan Kedudukan Bahasa Indonesia

BAB I P ENDAHULUAN 1.1       Latar Belakang Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang disampaikan seseorang ke orang lain agar bisa mengetahui apa yang menjadi maksud dan tujuannya. Bahasa Indonesia itu sendiri merupakan bahasa yang sudah dipakai oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu,namun tidak semua orang mengerti peranan dan fungsi dari bahasa Indonesia tersebut selain menjadi alat komunikasi,dan tidak semua orang mengerti kedudukan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia perlu dipelajari oleh semua lapisan masyarakat. Tidak hanya pelajar dan mahasiswa saja,tetapi seluruh warga Indonesia wajib mempelajari bahasa Indonesia. 1.2       Tujuan Pembuatan makalah ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari peran,fungsi serta kedudukan bahasa Indonesia. Karena sebagai warga Indonesia kita wajib mengetahui dan memahami peran,fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia secara umum. 1.3       Rumusan Masalah 1. Apa pengertian dari bahasa 2. Apa pengertian dari bahasa Indones

MANAJEMEN FINANSIAL UNTUK LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

PENGENALAN DAN RUANG LINGKUP Tidak ada bisnis yang bisa bertahan lama, tanpa penanganan keuangan yang baik dan efektif. Manajemen keuangan adalah tentang pengawasan dari sumber daya keuangan yang dimiliki oleh perusahaan. Manajemen keuangan memastikan organisasi mengetahui dan memahami biaya dari operasi yang mereka lakukan, pengeluaran yang harus dikeluarkan dan hal – hal eksternal yang mempengaruhi hal tersebut. Ini akan membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat bagaimana suatu layanan disiapkan, cara suatu layanan di suplai, serta investasi yang diperlukan untuk memberikan pengiriman dan efek yang mampu mengubah pola kebutuhan yang ada. Kemampuan manajemen keuangan yang kuat mampu membuat penyedia layanan TI membuat  keputusan yang tepat dan reaksi secara tanggap terhadap perubahan. Hal itu membuat kontrol terhadap pengeluaran menjadi lebih baik untuk memastikan keputusan investasi yang tepat dan promosi nilai layanan terlaksana. TUJUAN DAN OBJEKTIF Tujuan dari ma