I.
Platform dan teknologi yang
digunakan
Open adalah sebuah sistem yang terpusat pada
komputer yang terintegrasi yang bertujuan untuk mengelola sumber daya internal
dan eksternal organisasi. Diantarnya dapat berupa sumber daya manusia, sumber
daya keuangan , sumber daya aset dll. ERP adalah sebuah aplikasi dan sofware
yang meningkatkan efektifitas arus/jalannya data atau informasi antara fungsi
bisnis yang berbeda baik di dalam maupun luar organisasi. Karena database
terpusat dan dpt bekerja pada plaform pada umumnya, erp dpt terintegras kedalam
operasi bisnis dlam lingkungan sistem yang homogen.
II.
Instalasi
1. Download
installer OpenERP dari situs http://openerp.com, file installer yang
digunakan dalam eksplorasi ini adalah openerp-allinone-setup-5.0.0-3.exe
2.
Install
OpenERP, proses instalasinya cukup mudah, cukup menekan tombol Next terus
III.
Target Organisasi
Penggunaan
Open ERP ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki ambisi dan
keinginan untuk meningkatkan performance dalam bidang manajemen. Sistem
manajemen ini dapat membantu dan mempermudah segala hal yang berkaitan dengan
manajemen. Open ERP tidak membatasi jenis, kategori dan skalabilitas
perusahaan-perusahaan yang akan menggunakannya karena Open ERP dapat
diaplikasikan baik pada bidang, sektor, maupun skala apapun.
IV.
Fungsi bisnis yang mendukung
(modul/fitur)
1.
Enterprise Management
a.
Sales Management
Modul sales
memungkinkan kita untuk mengelola dan mengklasifikasikan pesanan penjualan pada
sistem struktural dan hirarkis. Memungkinkan kita untuk membuat pesanan baru
dan meninjau pesanan yang sudah ada di berbagai negara. Konfirmasi pesanan
dapat memicu pengiriman barang, faktur dan waktu yang ditentukan oleh
pengaturan dalam setiap pesanan.
Dalam modul ini penjual
dapat mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkab hanya dalam satu layar
saja, dapat melakukan kontrol terhadap pemesanan dan pengiriman barang serta
dapat mengetahui semua operasi yang dilakukan pelanggan. Keuntungan dari
enterprise management yaitu :
·
Diintegrasikan dengan
point of sales
·
Accounting yang
otomatis
·
Diintegrasikan dengan
kontrak, project, dan jadwal produksi
·
Diintegrasikan dengan
platform eCommerce yang berbeda – beda untuk transaksi online
·
Dapat menampilkan
report
b.
Invoicing
Open ERP memberikan banyak dukungan logistik untuk invoicing
automation seperti dari pemesanan penjualan, dari biaya, dll. Modul ini
memiliki system pricelist yang baik, modul follow-up yang sangat berguna.
Keuntungan dari modul ini :
·
Diintegrasikan dengan
accounting analisis yang berkenaan dengan profitability
·
Tidak ada double encoding
c.
Point of
Sales
Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur semua
titik penjualan operasi, penjualan, stok, encashment, faktur, dan lain-lain.
Point of Sales dilengkapi dengan interface touchscreen untuk end user, terdapat
system pembayaran secara multiple, mendukung invoicing secara langsung, dan
terdapat 12 tipe barcode
Keuntungan dari modul ini :
·
Diintegrasikan dengan stok
dan accounting untuk menghindari double entry
·
Diintegrasikan dengan
sales management
·
Dapat dilakukan perubahan
– perubahan dengan mudah sesuai kebutuhan
d.
Purchase
Purchase management memungkinkan Anda untuk mencari penjual dari
harga penawarannya dan mengkonversikannya menjadi Pesanan Pembelian. Open ERP
memiliki beberapa metode pemantauan dan pelacakan faktur penerimaan barang yang
dipesan. Kita dapat menangani pengiriman yang partial di Open ERP, sehingga
kita masih dapat mengetahui barang yang masih akan diantarkan. Open ERP
memungkinkan sistem untuk menggenerate secar otomatis draft pembelian.
e.
Service
Management
Service management memungkinkan untuk mengatur peoyek – proyek
tanpa adanya batasan. Service management menyediakan tools yang dapat mengatur
multi-level subproyek, mengkontrol tugas dari project manager, memberikan
peringatan berupa email pada customer untuk mendukung proyek.
2.
Logistic
a.
Manufacturing
Dalam modul ini terdapat double-entry stock untuk mempermudah
traceability, melakukan kontrol terhadap biaya dan margins proyek, product dan
partners, dan mudah untuk menjalankannya. Diintegrasikan denga accounting untuk
transaksi secara otomatis, diintegrasikan dengan HR management untuk
mendapatkan ketersediaan resources.
b.
Product
Pricelists
Open ERP pricelist sangat powerfull dan mudah untuk digunakan.
Open ERP pricelist memungkinkan untuk mengatur promosi, harga spesial untuk
customer secara efisien. Kita dapat mengatur harga berdasarkan biaya, tanggal,
currency dan berdasarkan kategori dari suatu produk.
c.
Quality
Management
Open ERP menghasilkan modul untuk memanage kualitas dari produk
dan service. “modul repairs management” memungkinkan pengaturan terhadap
after-sales service
d.
Shipping Management
Open ERP sistem warehouse management mengnyediakan banyak tools
untuk mengorganisaksikan customer dan supplier shipping secara eficient.
e.
Warehouse
Management
Modul ini menyediakan fungsionalistas untuk mengatur
multi-warehouse. Untuk tiap warehouse, lokasi input, lokasi output dan lokasi
stock dapat didefinisikan.
3.
Acounting dan Finance
a.
Acounting
Open ERP menyediakan modul acounting yang terintegrasi dengan
financial accounting, analytic acounting, thrd party management , taxes
management, budgets dan assets. Open ERP memili lebih dari 50 modul tambahan
dalam accounting seperti electrnic bank transfer, assets management, automatic
invocing, analytic control, dan statement management.
b.
Analitic Acounting
Analytical merupakan inti dari semua modul management dala m
open ERP. Analytic dintegrasikan dengan semua operasi yang memiliki biaya atau
pendapatan. Sebagai contoh, untuk sevices company, analityc accountign
digunakan sebagai finacial bagian dari project management
c.
Asset Management
Untuk bussines bangunan sampai farmasi, melacak asset yang
kompeks menjadi mudah dengan Open ERP. Memiliki modul fixed assset membuat kita
terhindar dari kehilangan juataan dolar tiap tahun dalam tax overpayment. Open
ERP memungkinkan sistem untuk menggenerate secara otomatis draft pembelian
d.
Bank
Interfaces
Open ERPmendukung electronic banking dan invoicing melalui modul
yang berbeda. Open ERP menyediakan layanan untuk berkomiunikasi secara otomatis
denganbank untuk melakukan pembayaran order dan menerima statement dari banhk
secara otomatis. Open ERP juga mendukung CODA, SEPA, BTV/11/DTA, check printing
dan EDI.
e.
Budgets
Open ERP budgets modul mendukung untuk mengelola financial dan
analisis budgets. Modul ini dapat mengelola budgets yang sama dari tiga macam
panfangan, melalui aturan user :
·
Accountant : bekerja pada
master dan consolidated budget
·
Project manager : bekerja
pada analytic budget pada pryeknya
·
Department manager :
mendapat consolidation view pada posisi budgets
f.
Payment Managements
Untuk membantu dalam mengelola harta dan pembayaran kepada
supplier, Ope ERP menyediakan tools untuk menoong dalam persiapan pembayaran.
4.
Human Resources
a.
Expences
Modul ini menyediakan layanan untuk mengelola biaya bulanan
suatu perusahaaan. Modul ini memberikan akses pada catatan gai pegawai dan
memberikan validasi untuk menyetuju atau menolak catatan tersebut. Setelah
validasi modul ini membuat sebuah invoice untuk pekerja Employee dapat
memerikasa gaji mereka
b.
Holiday Management
Modul ini mengontrol hari libur di dalam perusahaan. Modul ini
menyediakan layanan untuk employee dalam meminta hari libur. Lalu manager dapat
melihat permintaan untuk libur dan mengontrol seluruh rencana liburan untuk
sebuah perusahaan atau department.
c.
PayRoll
Modul ini masih dalam tahap pengembangan
d.
Point of Sales
Mengelola point of sales secara langsung dengan Open ERP. Modul
ini memberikan layanan untuk mempermudah dalam mengelola semua operasi point of
sales seperti penjualan, stock, encashnment, invoicing , dan lain - lain.
e.
Skills Management
Open ERP menyediakan 20 modul yang berhubungan dengan humant
resource mangement. Beberapa modul mengijinkan untuk mengelola skills dari para
pekerja dan dari situ dapat diperoleh keputusan yang behubungan dengan kontrak
pekerja dan evaluasi secara periodik
5.
CRM dan SRM
a.
Customer Relationship
Management
Generic Open ERP customer relathionship management system
mengijinkan sekelompok orang untuk dapat memimpin secara efisien dan pintar.
Modul ini mengelola tugas penting seperti komunikasi, identifikasi, prioritas,
penugasan , resolution dan notifikasi. Open ERP meyakinkan semua kasus dapat
dilavak oleh user, customer dan supplier dengan sukses. Open ERP dapat secara
otomatis mengirim reminders, dan yang lain sesuar aturan dari perusahaan.
b.
Direct Marketing
Modul direct marketing dapat mengelola pengembangan dan
memonitor sebuah perusahaab melalui beberapa channels. Modul ini menyediakan
tools untuk mengelola permintaan, workflows, steps, dan lain – lain. Report
composition engine membantu dalam pembuatan dokumen.
c.
Mail Gateway
Email gateway meyediakan layanan dalam pembuatan, penugasan atau
pengupdatan secara simple melalui pengiriman dan penerimaan email tanpa harus
membuka Open ERP interface. Modul ini sangat beguna dalam mengelola email dalam
sebuah perusahaan.
d.
Phone calls
Open ERP menediakn tools untuk mengorganisasikan telepon yang
keluar dan masuk. Melalui modul ini dapat dilakukan konfigurasi workflows yang
berbeda utuk operator. Modul ini diintegrasikan denga CRM sehingga dapat
menggunakan keterhubungan management facilities seperti segmentation dari
customer, automatisasi aturan.
e.
Portal
Modul ini menyediakan layanan untuk dapat mengakses pada sistem
customer dan supplier. Menampilkan hanya sebagian dari aplikasi Open ERP tanpa
harus mendeploy semua modul ke dalam sistem. Ini merupakan modul yang sangat
berguna yang memperbolehkan customer, partners, suppliers untuk menggunakan
sistem untuk menjalankan beberapa tugas.
6.
Project Management
a.
Financial
Project Management
Open ERP dmengintegrasikan financial project management agar
dapat mengontrol aktifitas yang berbeda. Dengan modul ini dapat melacak biaya,
budgets, automatic invoicing dan laporan keuntungan.
b.
Operational
Management
Open ERP diintegrasikan dengan multilevel project management
system. Modul ini meyediakan layanan untuk mengelola alokasi tugas, rencana
jangka panjag atau pendek, pendelegasian. Modul ini secara keseluruhan
diintegrasikan dengan sales atau purchase.
c.
Timesheets
Sistem timesheets meyediakan layanan untuk mencatat waktu yang
diabiskan oleh pegawai dalam pengerjaan project. Mpdul ini diintegrasikan
dengan analityc accounting yang menyediakan layanan untuk mengelola budgets,
plannung, biaya dan reinvoicing dari human resources. Metoda working yang
berbeda disediakan berdasarkna kebutuhan :
·
Sign in/out project
·
Simple timesheet encoding
·
Timesheets diintegrasikan
dengan proses validasi dan kehadiran oleh manager
V.
Keunggulan dan kelemahan
1.
Keunggulan
a.
Akses informasi yang
dapat dipercaya
b.
Menghindari redundansi
dari pemasukan data dan operasi
c.
Mengurangi waktu jeda
waktu penampilan informasi dan laporan
d.
Pengurangan biaya,
penghematan waktu, dan peningkatan kontrol dengan analisis skala
e.
enterprise
f.
Modul CRM (Customer
Relationship Management) dan EDI
2.
Kelemahan
a.
Fitur
kurang lengkap, tidak selangkap yang berbayar
b.
Maintenance
yang cukup lama, sehingga dapat menganggu kinerja
Komentar
Posting Komentar