Langsung ke konten utama

REVIEW FRAMEWORK ERP OPENERP

I.            Platform dan teknologi yang digunakan
Open  adalah sebuah sistem yang terpusat pada komputer yang terintegrasi yang bertujuan untuk mengelola sumber daya internal dan eksternal organisasi. Diantarnya dapat berupa sumber daya manusia, sumber daya keuangan , sumber daya aset dll. ERP adalah sebuah aplikasi dan sofware yang meningkatkan efektifitas arus/jalannya data atau informasi antara fungsi bisnis yang berbeda baik di dalam maupun luar organisasi. Karena database terpusat dan dpt bekerja pada plaform pada umumnya, erp dpt terintegras kedalam operasi bisnis dlam lingkungan sistem yang homogen.

II.            Instalasi

1.   Download installer OpenERP dari situs http://openerp.com, file installer yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah openerp-allinone-setup-5.0.0-3.exe

2.      Install OpenERP, proses instalasinya cukup mudah, cukup menekan tombol Next terus


III.            Target Organisasi
Penggunaan Open ERP ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki ambisi dan keinginan untuk meningkatkan performance dalam bidang manajemen. Sistem manajemen ini dapat membantu dan mempermudah segala hal yang berkaitan dengan manajemen. Open ERP tidak membatasi jenis, kategori dan skalabilitas perusahaan-perusahaan yang akan menggunakannya karena Open ERP dapat diaplikasikan baik pada bidang, sektor, maupun skala apapun.

IV.            Fungsi bisnis yang mendukung (modul/fitur)
1.      Enterprise Management
a.      Sales Management
Modul sales memungkinkan kita untuk mengelola dan mengklasifikasikan pesanan penjualan pada sistem struktural dan hirarkis. Memungkinkan kita untuk membuat pesanan baru dan meninjau pesanan yang sudah ada di berbagai negara. Konfirmasi pesanan dapat memicu pengiriman barang, faktur dan waktu yang ditentukan oleh pengaturan dalam setiap pesanan.
Dalam modul ini penjual dapat mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkab hanya dalam satu layar saja, dapat melakukan kontrol terhadap pemesanan dan pengiriman barang serta dapat mengetahui semua operasi yang dilakukan pelanggan. Keuntungan dari enterprise management yaitu :
·         Diintegrasikan dengan point of sales
·         Accounting yang otomatis
·         Diintegrasikan dengan kontrak, project, dan jadwal produksi
·         Diintegrasikan dengan platform eCommerce yang berbeda – beda untuk transaksi online
·         Dapat menampilkan report
b.      Invoicing
Open ERP memberikan banyak dukungan logistik untuk invoicing automation seperti dari pemesanan penjualan, dari biaya, dll. Modul ini memiliki system pricelist yang baik, modul follow-up yang sangat berguna. Keuntungan dari modul ini :
·         Diintegrasikan dengan accounting analisis yang berkenaan dengan profitability
·         Tidak ada double encoding
c.       Point of Sales
Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur semua titik penjualan operasi, penjualan, stok, encashment, faktur, dan lain-lain. Point of Sales dilengkapi dengan interface touchscreen untuk end user, terdapat system pembayaran secara multiple, mendukung invoicing secara langsung, dan terdapat 12 tipe barcode
Keuntungan dari modul ini :
·         Diintegrasikan dengan stok dan accounting untuk menghindari double entry
·         Diintegrasikan dengan sales management
·         Dapat dilakukan perubahan – perubahan dengan mudah sesuai kebutuhan
d.      Purchase
Purchase management memungkinkan Anda untuk mencari penjual dari harga penawarannya dan mengkonversikannya menjadi Pesanan Pembelian. Open ERP memiliki beberapa metode pemantauan dan pelacakan faktur penerimaan barang yang dipesan. Kita dapat menangani pengiriman yang partial di Open ERP, sehingga kita masih dapat mengetahui barang yang masih akan diantarkan. Open ERP memungkinkan sistem untuk menggenerate secar otomatis draft pembelian.
e.       Service Management
Service management memungkinkan untuk mengatur peoyek – proyek tanpa adanya batasan. Service management menyediakan tools yang dapat mengatur multi-level subproyek, mengkontrol tugas dari project manager, memberikan peringatan berupa email pada customer untuk mendukung proyek.
2.      Logistic
a.      Manufacturing
Dalam modul ini terdapat double-entry stock untuk mempermudah traceability, melakukan kontrol terhadap biaya dan margins proyek, product dan partners, dan mudah untuk menjalankannya. Diintegrasikan denga accounting untuk transaksi secara otomatis, diintegrasikan dengan HR management untuk mendapatkan ketersediaan resources.
b.      Product Pricelists
Open ERP pricelist sangat powerfull dan mudah untuk digunakan. Open ERP pricelist memungkinkan untuk mengatur promosi, harga spesial untuk customer secara efisien. Kita dapat mengatur harga berdasarkan biaya, tanggal, currency dan berdasarkan kategori dari suatu produk.
c.       Quality Management
Open ERP menghasilkan modul untuk memanage kualitas dari produk dan service. “modul repairs management” memungkinkan pengaturan terhadap after-sales service
d.      Shipping Management
Open ERP sistem warehouse management mengnyediakan banyak tools untuk mengorganisaksikan customer dan supplier shipping secara eficient.
e.       Warehouse Management
Modul ini menyediakan fungsionalistas untuk mengatur multi-warehouse. Untuk tiap warehouse, lokasi input, lokasi output dan lokasi stock dapat didefinisikan.
3.      Acounting dan Finance
a.      Acounting
Open ERP menyediakan modul acounting yang terintegrasi dengan financial accounting, analytic acounting, thrd party management , taxes management, budgets dan assets. Open ERP memili lebih dari 50 modul tambahan dalam accounting seperti electrnic bank transfer, assets management, automatic invocing, analytic control, dan statement management.
b.      Analitic Acounting
Analytical merupakan inti dari semua modul management dala m open ERP. Analytic dintegrasikan dengan semua operasi yang memiliki biaya atau pendapatan. Sebagai contoh, untuk sevices company, analityc accountign digunakan sebagai finacial bagian dari project management
c.        Asset Management
Untuk bussines bangunan sampai farmasi, melacak asset yang kompeks menjadi mudah dengan Open ERP. Memiliki modul fixed assset membuat kita terhindar dari kehilangan juataan dolar tiap tahun dalam tax overpayment. Open ERP memungkinkan sistem untuk menggenerate secara otomatis draft pembelian
d.      Bank Interfaces
Open ERPmendukung electronic banking dan invoicing melalui modul yang berbeda. Open ERP menyediakan layanan untuk berkomiunikasi secara otomatis denganbank untuk melakukan pembayaran order dan menerima statement dari banhk secara otomatis. Open ERP juga mendukung CODA, SEPA, BTV/11/DTA, check printing dan EDI.
e.       Budgets
Open ERP budgets modul mendukung untuk mengelola financial dan analisis budgets. Modul ini dapat mengelola budgets yang sama dari tiga macam panfangan, melalui aturan user :
·         Accountant : bekerja pada master dan consolidated budget
·         Project manager : bekerja pada analytic budget pada pryeknya
·         Department manager : mendapat consolidation view pada posisi budgets
f.       Payment Managements
Untuk membantu dalam mengelola harta dan pembayaran kepada supplier, Ope ERP menyediakan tools untuk menoong dalam persiapan pembayaran.
4.      Human Resources
a.       Expences
Modul ini menyediakan layanan untuk mengelola biaya bulanan suatu perusahaaan. Modul ini memberikan akses pada catatan gai pegawai dan memberikan validasi untuk menyetuju atau menolak catatan tersebut. Setelah validasi modul ini membuat sebuah invoice untuk pekerja Employee dapat memerikasa gaji mereka
b.      Holiday Management
Modul ini mengontrol hari libur di dalam perusahaan. Modul ini menyediakan layanan untuk employee dalam meminta hari libur. Lalu manager dapat melihat permintaan untuk libur dan mengontrol seluruh rencana liburan untuk sebuah perusahaan atau department.
c.       PayRoll
Modul ini masih dalam tahap pengembangan
d.      Point of Sales
Mengelola point of sales secara langsung dengan Open ERP. Modul ini memberikan layanan untuk mempermudah dalam mengelola semua operasi point of sales seperti penjualan, stock, encashnment, invoicing , dan lain - lain.
e.       Skills Management
Open ERP menyediakan 20 modul yang berhubungan dengan humant resource mangement. Beberapa modul mengijinkan untuk mengelola skills dari para pekerja dan dari situ dapat diperoleh keputusan yang behubungan dengan kontrak pekerja dan evaluasi secara periodik
5.      CRM dan SRM
a.       Customer Relationship Management
Generic Open ERP customer relathionship management system mengijinkan sekelompok orang untuk dapat memimpin secara efisien dan pintar. Modul ini mengelola tugas penting seperti komunikasi, identifikasi, prioritas, penugasan , resolution dan notifikasi. Open ERP meyakinkan semua kasus dapat dilavak oleh user, customer dan supplier dengan sukses. Open ERP dapat secara otomatis mengirim reminders, dan yang lain sesuar aturan dari perusahaan.
b.      Direct Marketing
Modul direct marketing dapat mengelola pengembangan dan memonitor sebuah perusahaab melalui beberapa channels. Modul ini menyediakan tools untuk mengelola permintaan, workflows, steps, dan lain – lain. Report composition engine membantu dalam pembuatan dokumen.
c.       Mail Gateway
     Email gateway meyediakan layanan dalam pembuatan, penugasan atau pengupdatan secara simple melalui pengiriman dan penerimaan email tanpa harus membuka Open ERP interface. Modul ini sangat beguna dalam mengelola email dalam sebuah perusahaan.

d.      Phone calls
Open ERP menediakn tools untuk mengorganisasikan telepon yang keluar dan masuk. Melalui modul ini dapat dilakukan konfigurasi workflows yang berbeda utuk operator. Modul ini diintegrasikan denga CRM sehingga dapat menggunakan keterhubungan management facilities seperti segmentation dari customer, automatisasi aturan.
e.       Portal
Modul ini menyediakan layanan untuk dapat mengakses pada sistem customer dan supplier. Menampilkan hanya sebagian dari aplikasi Open ERP tanpa harus mendeploy semua modul ke dalam sistem. Ini merupakan modul yang sangat berguna yang memperbolehkan customer, partners, suppliers untuk menggunakan sistem untuk menjalankan beberapa tugas.
6.      Project Management
a.      Financial Project Management
Open ERP dmengintegrasikan financial project management agar dapat mengontrol aktifitas yang berbeda. Dengan modul ini dapat melacak biaya, budgets, automatic invoicing dan laporan keuntungan.
b.      Operational Management
Open ERP diintegrasikan dengan multilevel project management system. Modul ini meyediakan layanan untuk mengelola alokasi tugas, rencana jangka panjag atau pendek, pendelegasian. Modul ini secara keseluruhan diintegrasikan dengan sales atau purchase.
c.       Timesheets
Sistem timesheets meyediakan layanan untuk mencatat waktu yang diabiskan oleh pegawai dalam pengerjaan project. Mpdul ini diintegrasikan dengan analityc accounting yang menyediakan layanan untuk mengelola budgets, plannung, biaya dan reinvoicing dari human resources. Metoda working yang berbeda disediakan berdasarkna kebutuhan :
·         Sign in/out project
·         Simple timesheet encoding
·         Timesheets diintegrasikan dengan proses validasi dan kehadiran oleh manager

V.            Keunggulan dan kelemahan
1.      Keunggulan
a.       Akses informasi yang dapat dipercaya
b.      Menghindari redundansi dari pemasukan data dan operasi
c.       Mengurangi waktu jeda waktu penampilan informasi dan laporan
d.      Pengurangan biaya, penghematan waktu, dan peningkatan kontrol dengan analisis skala
e.       enterprise
f.       Modul CRM (Customer Relationship Management) dan EDI
2.      Kelemahan
a.       Fitur kurang lengkap, tidak selangkap yang berbayar
b.      Maintenance yang cukup lama, sehingga dapat menganggu kinerja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Cibitung

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk . (“ICBP”) merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek yang mapan dan terkemuka, dengan kegiatan usaha utama antara lain mi e instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus serta minuman. Guna mendukung kegiatan usaha utamanya, ICBP juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang memproduksi baik kemasan fleksibel maupun karton. ICBP menawarkan berbagai pilihan produk solusi sehari-hari bagi konsumen di segala usia dan segmen pasar, melalui lebih dari 40 merek produk. Banyak di antara merek-merek tersebut merupakan merek terkemuka dengan posisi pasar yang signifikan di Indonesia, serta memperoleh kepercayaan dan loyalitas jutaan konsumen selama bertahun-tahun. Dengan didukung oleh jaringan distribusi yang ekstensif dari perusahaan induk, sebagian besar produk ICBP telah tersedia di seluruh nusantara, dan juga dapat memenuhi permintaan pasar secara tepat waktu dan lebih efisien. Kegiatan operasional yang

Peran, Fungsi, dan Kedudukan Bahasa Indonesia

BAB I P ENDAHULUAN 1.1       Latar Belakang Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang disampaikan seseorang ke orang lain agar bisa mengetahui apa yang menjadi maksud dan tujuannya. Bahasa Indonesia itu sendiri merupakan bahasa yang sudah dipakai oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu,namun tidak semua orang mengerti peranan dan fungsi dari bahasa Indonesia tersebut selain menjadi alat komunikasi,dan tidak semua orang mengerti kedudukan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia perlu dipelajari oleh semua lapisan masyarakat. Tidak hanya pelajar dan mahasiswa saja,tetapi seluruh warga Indonesia wajib mempelajari bahasa Indonesia. 1.2       Tujuan Pembuatan makalah ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari peran,fungsi serta kedudukan bahasa Indonesia. Karena sebagai warga Indonesia kita wajib mengetahui dan memahami peran,fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia secara umum. 1.3       Rumusan Masalah 1. Apa pengertian dari bahasa 2. Apa pengertian dari bahasa Indones

MANAJEMEN FINANSIAL UNTUK LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

PENGENALAN DAN RUANG LINGKUP Tidak ada bisnis yang bisa bertahan lama, tanpa penanganan keuangan yang baik dan efektif. Manajemen keuangan adalah tentang pengawasan dari sumber daya keuangan yang dimiliki oleh perusahaan. Manajemen keuangan memastikan organisasi mengetahui dan memahami biaya dari operasi yang mereka lakukan, pengeluaran yang harus dikeluarkan dan hal – hal eksternal yang mempengaruhi hal tersebut. Ini akan membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat bagaimana suatu layanan disiapkan, cara suatu layanan di suplai, serta investasi yang diperlukan untuk memberikan pengiriman dan efek yang mampu mengubah pola kebutuhan yang ada. Kemampuan manajemen keuangan yang kuat mampu membuat penyedia layanan TI membuat  keputusan yang tepat dan reaksi secara tanggap terhadap perubahan. Hal itu membuat kontrol terhadap pengeluaran menjadi lebih baik untuk memastikan keputusan investasi yang tepat dan promosi nilai layanan terlaksana. TUJUAN DAN OBJEKTIF Tujuan dari ma